https://cdn-2.tstatic.net/bangka/foto/bank/images/pcr1.jpg

Akhirnya Pemkot Pangkalpinang Punya Lab PCR, Hasil Pemeriksaan Selesai Satu Hari

BANGKAPOS.COM , BANGKA — Akhirnya Pemerintah Kota Pangkalpinang mempunyai Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan yang akan memeriksa tes Polymerase Chain Reaction (PCR) secara langsung.

Kini tes PCR di Kota Pangkalpinang, tak lagi menunggu lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan sample covid-19.

Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan Kota Pangkalpinang di Jalan Rasakunda, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkalpinang, tersebut langsung diresmikan oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen), Rabu (20/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim (MH) menyebutkan, pembangunan Laboratorium Biomolekuler tersebut merupakan salah satu rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat audit kinerja ke Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

“Saat BPK audit kinerja ke Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang memang Dinkes harus menyediakan fasilitas pemeriksaan PCR secara lisan kami langsung menindaklanjutinya,” kata Hakim.

Diakui Hakim, pembangunan lab pemeriksaan PCR tersebut sengaja dikebutkan, mengingat saat ini pemerintah Kota Pangkalpinang masih mengirimkan hasil pemeriksaan ke Labkesda Provinsi Babel yang harus menunggu waktu lama mengetahui hasil pemeriksaan.

“Jadi pembangunan ini kami selesaikan kurang lebih selama satu bulan, mulai dari barang datang, penyusunan alat-alatnya, kita memang sudah bertekad Januari sudah kita laksanakan dan selesai,” sebutnya.

Hakim menyebutkan, tenaga kesehatan sendiri sudah melakukan pelatihan sebelumnya untuk melakukan pemeriksaan. PCR yang ada di Laboratorium Biomolekuler itu dalam satu hari bisa memeriksa 100 sample covid-19.

“Jadi pemeriksaan masuk pagi sudah keluar sore, tidak perlu tunggu waktu lama lagi. Dan standar yang ditetapkan oleh WHO bahwa seribu persatu juta penduduk perminggu harus dilakukan pemeriksaan, nah kita kalau seratus sehari dengan penduduk kita 200 ribu, mudah-mudahan bisa kita lampaui pencapaian itu,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya lab PCR ini juga diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pangkalpinang.

“Kalau sehari hasil tesnya langsung keluar, mudah-mudahan kita langsung tracking kan, agar yang bersangkutan bisa segera melakukan isolasi mandiri ataupun di wisma karantina,” ucapnya.

Hakim menambahkan, Level Keselamatan Biologi (BSL) yang ada di Lab PCR Kota Pangkalpinang saat ini sudah level 2.

“Minggu ini kita sudah uji coba, inshaallah sudah bisa kita gunakan setelah itu nantinya,” ucap Hakim.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) meninjau dan meresmikan langsung Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan, Kota Pangkalpinang, Rabu (20/1/2021) (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)


Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Akhirnya Pemkot Pangkalpinang Punya Lab PCR, Hasil Pemeriksaan Selesai Satu Hari, https://bangka.tribunnews.com/2021/01/20/akhirnya-pemkot-pangkalpinang-punya-lab-pcr-hasil-pemeriksaan-selesai-satu-hari?page=2.
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menyebutkan, dengan kehadirannya Laboratorium Biomolekuler ini agar Kota Pangkalpinang tidak lagi menunggu waktu lama hasil pemeriksaan PCR nantinya.

“Ini supaya kita tidak susah-sudah lagi, kalau kita tes tidak menunggu waktu lama lagi sehari langsung keluar hasil pemeriksaannya. Jadi kepada masyarakat Kota Pangkalpinang kita tidak perlu khawatir lagi menunggu hasil tes sampai ada kejadian seperti kemarin yang tidak kita inginkan,” ungkap Molen.

Dia berharap, Lab PCR ini dapat membantu masyarakat, dan segera memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Pangkalpinang.

“Karena mohon maaf seperti kemarin ada kejadian sampai bunuh diri, setres, karena apa rata-rata menunggu hasil itu terlalu lama, makanya kami bismillah ini bikin lab sendiri untuk masyarakat,” sebutnya.

Molen menambahkan, walaupun sudah ada Lab PCR sendiri, masyarakat harus tetap menerapkan prptokol kesehatan dengan baik.

“Tetap jangan melupakan 3M, tetap mencuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak. Semoga dengan adanya PCR di Kota Pangkalpinang pemerintah bisa lebih awal mendekteksi siapa saja pernah kontak dengan pasien Covid-19,” harapnya.


Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Akhirnya Pemkot Pangkalpinang Punya Lab PCR, Hasil Pemeriksaan Selesai Satu Hari, https://bangka.tribunnews.com/2021/01/20/akhirnya-pemkot-pangkalpinang-punya-lab-pcr-hasil-pemeriksaan-selesai-satu-hari.
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati

Leave A Reply

Your email address will not be published.